Penyuluhan kesehatan Tb Paru (TBC)

(Wibsite.desa kromasan)

Kromasan kamis(26/12/2019 – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan masyarakat desa kromasan tentang penyakit paru,Pemerintah desa mengadakan penyuluhan kesehatan. Tema yang diangkat pada penyuluhan kali ini adalah Tuberculosis (TB) Paru. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu ruang di balai desa kromasan,Dengan narasumber dari kecamatan dan UPT DINAS KESEHATAN PUSKESMAS NGUNUT.

Tuberculosis Paru sendiri merupakan penyakit infeksi yang diakibatkan oleh Microbacterium Tuberculosa. Kuman TB biasanya menyebar lewat udara, yaitu melalui droplet dari batuk dan bersin yang dikeluarkan oleh penderita TB. Ada banyak kategori individu yang beresiko tinggi untuk tertular TB, salah satunya adalah anak di bawah usia 15 tahun, dikarenakan daya tubuh pada anak belum sempurna.

Menurut data World Health Organization (WHO), Indonesia merupakan penyumbang TB terbesar ke – 4 di dunia, dengan jumlah penderita TB baru mencapai 583.000 orang / tahun.

Penyuluhan ini diikuti oleh Rt,Rw,tokoh Agama,tokoh masyarakat,PKK,karang taruna yang jumlahnya kurang lebih 35 peserta.

Dengan diadakannya penyuluhan tersebut,Masyarakat bisa tahu awal gejala TB paru,dan menular melalui apa saja.Diharapkan masyarakat dapat memahami gejala, metode pengobatan serta cara mencegah penularan TB.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?