Kromasan.desa.id Jumat(27/12/2019)– Bertempat di Balai Desa Kromasan kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa timur telah dilaksanakan pelatihan dan pembinaan bagi anggota Linmas Kromasan yang di latih oleh Babinsa Bapak Sulardi dan Babinkamtibmas Bapak Redi. Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Bapak eka,kasi Yang membidangi dari kecamatan Ngunut,Juga Bapak Solekan Kades Desa Kromasan.Peserta seluluh anggota linmas yang diundang berjumlah sekitar 26 orang,Sedangkan yang saat itu bisa hadir berjumlah 17 orang.


Peserta pelatiah linmas sangat serius mendengarkan pengarahan dari pelatih.


(Kromasan.Tulungagungdaring.id – photo by m.sugeng).

Materi kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota Linmas tentang tugas dan fungsi Linmas yaitu untuk melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan bencana, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membatu kegiatan sosial kemasyarakatan. selain itu juga membantu masyarakat dalam meningkatkan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah serta menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan yang terjadi.

Bapak Redi (Babinkamtibmas) memberikan pengarahan bagaimana menggunakan pakaian yang benar dan tata cara mengatur lalu lintas.

(Kromasan.Tulungagungdaring.id – photo by m.sugeng).
Sebagai mana disampaikan oleh bapak babinkamtibmas adapun tugas dari Linmas yang lainnya adalah membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam Harkamtibmas, serta perbantuan TNI dalam mempertahankan negara.

Selain memberikan Pengarahan tentang fungsi dan tugas Linmas Bapak Redi dan Bapak Sulardi juga memberikan pelatihan bagaimana cara yang benar dalam menggunakan pakain dan atibut Linmas serta fungsi dari masing masing atribut tersebut karena selama ini anggota linmas belum memahami dengan betul fungsi-fungsi atribut tersebut.

Bapak Redi dan bapak Sulardi memberikan pemahaman tentang fungsi penggunaan atribut dan tata letaknya.


(Kromasan.Tulungagungdaring.id – photo by m.sugeng).

Sebelum acara terebut selesai masih adalagi pelatihan yang harus anggota linmas lakukan yang dipimpin oleh bapak Redi yaitu tentang bagaimana cara melaksanakan pasukan baris berbaris (PBB), diantaranya bagaimana gerakan yang benar ketika hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, serong kanan dan serong kiri ketika masih dalam posisi barisan agar benar – benar serentak dan tidak acak -acakan, selain itu juga bagaimana gerakan yang benar ketika memberikan penghormatan dan ketika barisan dibubarkan.

Cara melaksanakan gerakan hadap kanan-kiri, serong kanan-kiri dan balik kanan.

Pengarahan bagaimana posisi tangan ketika sikap penghomatan.

Akhirnya kegiatan tersebut pun selesai pada pukul 10.30 wib dan kembali pelatih mengingatkan tetang tugas dan fungsi linmas serta anggota linmas dapat berlatih dirumah sendiri bagaimana melaksanakan pasukan baris-berbaris yang sudah dipraktekan tadi kata Bapak Redi Dan bapak Sulardi.

Kegiatan tersebut pun berjalan dengan tertib, seluruh peserta sangat serius dan antusius saat mengikuti pelatingan tersebut.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?